Sabtu, 30 November 2013

ILMU FALAK



ILMU FALAK
Oleh: Ardan Lelemappuji


Falak  dari bahasa Sumerian ‘pilak’ artinya sesuatu yang berputar. Dalam bahasa latin, astronomi – ilmu mengenai bintang. Definisi Ilmu Falak menurut para ahli adalah:
Menurut Baharrudin Zainal (DBP 2002) dari buku Pengenalan Ilmu Falak, Ilmu Falak Ilmu yang mengkaji perjalanan badan-badan cakerawala seperti bumi, bulan, matahari dan bintang-bintang.
Definisi Ilmu Falak menurut  Ikhwan as-Shafa adalah ilmu yang mengkaji tentang tatasuria, menghitung jumlah bintang, mengukur pembahagian gugusan-gugusan bintan, jarak, saiz dan pergerakan badan-badan cakerawala serta mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengannya.
Definisi Ilmu Falak menurut  Ibn Khaldun, yaitu ilmu yang mempelajari tentang pergerakan tetap bintang-bintang, sama ada yang bergerak atau berpusing. Gerakan-gerakan tersebut boleh diketahui melalui cerapan atau hitungan. Ilmu hitungan pula hendaklah berdasarkan kepada pengetahuan tentang ciri-ciri pergerakan dan kedudukannya. Atau Pengetahuan tentang definisi ini penting bagi membezakannya dengan aspek kajian bintang yang lain iaitu ‘astrologi’ atau ‘ilmu bintang pernujuman’.
Ilmu falak adalah ilmu yang memperlajari tentang benda-benda langit, matahari bulan, bintang dan planet-planet lainnya. Pengetahuan tentang posisinya merupakan pengalaman serta pengamatan yang dikerjakan secara berulang-ulang dengan bantuan alat-alat. Ilmu ini ditemukan dalam kurun waktu ribuan tahun, dimulai sejak kurang lebih 3.000 tahun sebelum Masehi di kerajaan Babylonia yang terletak diantara Sungai Tigris dan Sungai Efrat (selatan irak kini). Para pendeta kerajaan tersebut meneukan dua belas gugusan besar bintang di cakrawala, yang mereka bayangkan sebagai sebuah lingkaran. Setiap gugusan bintang (zodiak) berlansung selama 30 hari. Setiap bagian mereka namakan derajat, yang pada akhirnya ilmu tersebut berkembang menjadi ilmu geometri, dan matematika, ilmu ukur dan ilmu hitung. Dengan prinsip dasar penghitungan jalannya bulan dan matahari yang kemudian menjadi ilmu almanac (penaggalan).
Pada zaman keemasan arab, setelah beberapa abad wafatnya baginda Rasulullah SAW (632), bangsa arab telah menjadi penghubung antara kebudayan yunani kuno dan eropa barat. Bangsa Arab memiliki sifat dan kepribadian serta keimanan murni, bahwa manusia semata-mata diciptakan untuk mengabdi pada Allah SWT. Maka segala kekayaan rohani dari bangsa Yunani mereka pandang sebagai amanah suci yang harus dipelihara dan dijaga untuk disampaikan kepada umat manusia. Kekayaan rohani bangsa Yunani tersebut antara alin adalah Ilmu Falak, yang kemudian mereka komentari dengan sebaik-baiknya, tanpa memutar balikkan kenyataan yang mereka peroleh dan disampaikan secara utuh kepada umat. Ilmu falak dikembangkan oleh para ilmuwan muslim karena ilmu tersebut berhubungan erat dengan pelaksanaan ketentuan agama Islam seperti Shalat, penentuan arah Kiblat, dan penentuan awal bulan Qamariyah. Bagi daerah yang baru diduduki oleh bangsa Arab/Islam harus segera pila ditentukan arah kiblatnya, terutama bagi daerah terpencil.
Salah satu ulama yang muncul sebagai tokoh ilmu falak terkemuka adalah Muhammad bin Musa al-Khawarizmi ( 780-850 ) yang mengarang buku berjudul Mukhtasar fi Hisab al-Jabar wa al-Muqabalah di Baghdad. Yang pada akhirnya mempengaruhi pemkiran cendikiawan eropa dan diterjemahkan ke dalam bahasa latin oleh Robert Chester pada tahun 1140 dengan judul Liber al-Gebras et almucabola. Sampai sekarang, untuk menyelesaikan persoalan al-jabar masih tetap digunakan cara al-Khawarizmi, yang dalam bahasa Inggris disebut algorism (algoritme).
Di Eropa, orang Polandia yang bernama Nicolas Copernicus seorang ahli ilmu falak modern, terutama mengenai teori yang dikemukannya bahwa bumi dan planet lainnya berputar mengelilingi matahari (heliosentris) yang menggeser pendapat tentang bumi sebagai pusat benda langit lainnya (geosentris).
Pengaruh Islam (Arab) dalam ilmu falak masih tercatat dan terlihat jelas pada nama-nama bintang dalam bahasa Arab yang masih melekat sempai sekarang, seperti Aldebaran (Alpha Tauri) = Ad-Duburun (Dua); Mirfaq = Mirfaq (Siku); Rigel (Beta Orionis) = Rijl (Kaki) yaitu bintang di kaki Orion; Zubenel janubi = anak selatan; Altair (Alpha Aquilae) = at-Thair (Burung); Kochab = Kaukab (Bintang); dan lain-lain.
Ilmu falak sebagai ilmu yang berasaskan pengkajian terhadap alam semesta yang sistematik menurut sunnatullah. Sedangkan setiap urusan kehidupan umat, sama ada ibadat khusus atau tidak, akan tetap melibatkan ilmu falak.
1.        Sistem waktu
Umat islam tidak mempedulikan langsung tentang sistem waktu, sekalipun Al-Quran sendiri menyatakan bahawa watu solat itu ‘ditetapkan waktunya’. Namun aspek menjaga waktu dibiarkan sahaja, dan dipercayai bahawa sebilangan besar daripada umat islam, tidak tahu bagaimana waktu itu diukur dan ditentukan. Apalagi tentang bagaimana waktu solat itu diukur dan ditentukan?
2.        Sistem tarikh dan takwim
Umat islam sekali lagi mengenepikan aspek kepentingan sistem tarikh dan takwim, apabila aspek tarikh dan takwim ini masih terumbang ambing dalam sesebuah negara, apalagi dalam hubungan antara negara. Sedangkan umum maklum tentang urusan puasa, zakat dan haji, malah urusan peribadi dan kekeluargaan seperti nikah, cerai dan rujuk, serta haid dan nifas, pasti melibatkan aspek tarikh dan takwim, yang sewajarnya diberi perhatian penting dan sebarang kekeliruan diatasi sehingga sistem tarikh dan takwim tidak diragui kesahihannya, yang tentu berhubung rapat dengan aspek kesempurnaan ibadat itu sendiri.
3.        Fenomena alam
Apabila alam itu berfungsi dan beroperasi menurut sunnatullah, menurut sistem yang telah diatur oleh Yang Maha Kuasa, dengan ‘kebenaran’ menghitung bilangan tahun dan ‘hisab’, maka ‘penghitung’ akan menemui fenomena-fenomena tertentu dalam hitungan kedudukan cakerawala bagi penyusunan takwim, dan penentuan kedudukan jasad samawi yang lain, seperti fenomena gerhana (eclipse), ijtimak (conjunction), istiqbal (opposition) dan lain-lain fenomena, yang akan berlaku menurut turutan waktu yang tertentu, sama ada berulangan secara ‘banyak-banyak’, ‘jarang-jarang’, ‘sedikit-sedikit’ dan ‘kadang-kadang’. Namun tiada satu pun dalam falak fenomena ini dianggap luarbiasa atau ‘ajaib’, kerana luarbiasa dan ajaib hanya wujud pada fenomena yang berlaku secara ‘mukjizat’, ‘karamah’, dan sebagainya, bukan secara hitungan falak. Fenomena yang berlaku secara hitungan falak dianggap ‘kehebatan’ sistem alam semesta ciptaan Maha Agung, yang begitu terperinci, hingga memerlukan hitungan matematik dengan angka perpuluhan yang besar.
Ilmu Falak itu ada dalilnya dalam Al-Quran antaranya, seperti Firman Allah:

Demi langit yang mempunyai bintang-bintang besar (yang bertaburan dicakrawala). (Surah Buruj : 1).

Apabila dikatakan Ilmu Falak maka ianya dikaitkan dengan Ilmu Astronomy. Ada pun Ilmu Astronomi itu tersangat luas, kerana ianya kajian ilmuan cakrawala langit yang tiada batasannya itu. Jika mahu diceritakan bagaimana bermulanya kejadian langit dan bumi dan bintang-bintang yang bertaburan serta galaksi-galaksi yang ada sejak dari peristiwa “Big-Bang” itu terlalu panjang lagi merumitkan. Maka cukup sahaja apa yang kita tahu, semuanya telah Allah SWT hidangkan siap tersedia untuk kita. Maka terpulanglah kepada kita merenung jauh tetapi tersangat dekat, akan Kebesaran Allah SWT, akan apa yang ada dilangit itu.
Maka bagi Sufi Besar Syeikul Akbar Ibnul Arabi beliau menamakan langit itu kepada dua bahagian: (1) Pertama : Langit yang berbintang. (2) Kedua : Langit yang tidak berbintang. Dalam kitab-kitab beliau ada menceritakan susunan hirarki ciptaan falak-falak langit itu, serta perkaitannya dengan kita dan alam semesta ini. Bagi Sarjana Astronomy silam dan terkini itu pula mereka membahagikan kepada dua juga : (1) Pertama : Ruang langit yang mengandungi “Fixed Stars”. Dari kedudukan fixed stars atau bintang-bintang yang bertaburan itu dinamakan Gugusan Bintang-Bintang atau pun dalam bahasa Al-Qurannya disebutkan Al-Buruj. Maka dari situlah terbitnya kajian dan ilmuan Zodiak atau Bintang 12, lalu diberikan namanya Ilmu Astrology atau Ilmu Falak. (2) Kedua : Planet-planet utama yang sembilan dari fixed stars itu hingga kebumi. Planet-planet yang sembilan itu ada hubung kait dengan fixed stars itu, maka dinamakan ruling planet.
Jika dibumi ini untuk mengetahui keluasan sesuatu kawasan tanah, kita memerlukan khidmat Jurukur Tanah (Land Surveyor) lalu diberikan tanda batu sempadan. Maka begitu juga keluasan langit cosmic itu telah diplot secara kaedah astronomy oleh Sarjana Astronomi silam lalu diberikan nama dan nombor rujukannya. Hampir 1/3 buruj-buruj kecil itu telah diberikan nama dengan nama Islam, seperti dalam gugusan Orion itu dinamakan Al-Nitak, Al-Neelam, Al-Muntakak, Al-Debaran, Al-Deramin dan sebagainya. Ini bermakna orang-orang Arab adalah lebeh mendalami bidang astronomy ini. Kemudian telah dipelopori pula oleh orang-orang barat. Yang lain-lainnya itu telah diberikan nama oleh Sarjana Astronomi Barat. Antara sarjana Astronomy Islam yang pakar dalam bidang Ilmu Astronomi ini adalah dari Parsi Nasir Al-Din, Omar Kayyam dan lain-lain dengan balai cerapnya sendiri yang kini hanya tinggal bahan sejarah Islam. Dari barat itu pula antaranya yang ternama adalah Ptolemy, Copernicus dan lain-lain lagi.
Antara mereka yang banyak menggunakan Ilmu Falak dalam pelayaran adalah pedagang-pedagang Arab yang silam, samada dilautan atau didaratan. Mereka berdagang dari satu negeri kesatu negeri hanya mengunakan kompas kuno dan kaedah bintang-bintang dilangit menuju kedestinasi perdagangan dengan tepat sekali. Begitu juga The Tree Wise Men dari Parsi berdasarkan perkiraan falak mereka pertemuan dua bintang dilangit itu, mereka dapat meramalkan kelahiran Nabi Isa AS. Maka ilmu Astronomy itu telah banyak yang hilang dari khazanah Islam. Maka tinggallah ilmu falak Islam itu digunakan apabila mahu melihat anak bulan untuk menetapkan tarikh mula berpuasa dan hari beraya, berdasarkan perkiraan hisab dan rukyah. Sejak zaman internet dunia tanpa sempadan, nampaknya telah terbuka sedikit keinginan kita mengenali apakah dia Ilmu Falak.
Dalil – dalil tentang ilmu falaq yang digunakan oleh ahli hisab, yaitu:
1.        Surah Yunus ayat 5:

هُوَ الَّذِي جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ مَا خَلَقَ اللَّهُ ذَلِكَ إِلا بِالْحَقِّ يُفَصِّلُ الآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ ( يونس : ٥(




Terjemahnya:
Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak[669]. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.
(QS. Yunus : 5) 


2.        Surah Ar-Rahman ayat 5

الشمس و القمر بحسبان

Terjemahnya:
Matahari beredar menurut perhitungan. (QS. Ar-Rahman: 5)

3.        Surah Al-Baqarah ayat 189

يسألونك عن الأهلة قل هي مواقيت للناس والحج ( البقرة : 189(

Terjemahnya:
Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadah) haji.
(QS. al-Baqarah: 189).

Ayat di atas menjelaskan kepada kita bahwa Allah Ta’ala telah menetapkan manjilah-manjilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan supaya kita mengetahui waktu (bulan) dan tahun sedangkan matahari agar kita mengetahui waktu (hari) dan jam. Secara explisit dua ayat di atas juga mengandung pelajaran disyariatkannya mempelajari ilmu falak (astronomi) atau ilmu hisab untuk mengetahui waktu-waktu shalat, puasa, haji dan lainnya yang bermanfa’at bagi kaum Muslimin.
4.        Sabda Rasulullah SAW

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إنّا أمة أمية لا نكتب ولا نحسب، الشهر هكذا
وهكذا يعنى مرة تسعة وعشرون ومرة ثلاثون (رواه البخاري(

Artinya:    Rasulallah Saw bersabda Kita adalah umat buta huruf, tidak pandai menulis dan tidak pandai berhitung, sebulan itu adalah sekian dan sekian (maksudnya kadang-kadang 29 hari dan kadang-kadang 30 hari). (HR. Al Bukhari).

5.        Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma bahawa Baginda صلي الله عليه وسلم   ditanya: 
“Dimanakah tenggelamnya objek-objek angkasa dan dari manakah terbitnya objek-objek angkasa? Jawab Baginda صلي الله عليه وسلم   : Ia berada tetap ditempatnya tidak berpindah dan tidak tergelincir, ia kelihatan tenggelam pada pandangan penduduk di satu tempat dan kelihatan terbit pada penglihatan penduduk di satu tempat yang lain. Dalam waktu yang sama, penduduk di satu daerah mengatakan ia tenggelam sedangkan penduduk daerah yang lain mengatakan ia terbit”.

Di dalam hadis ini menunjukkan kepada kita bahawa matahari terbit dan terbenam bersilih ganti di atas permukaan bumi. Secara logiknya ia tidak mungkin terjadi demikian kecuali bentuk bumi adalah bulat. Matahari, bulan dan lain-lain hilang dari pandangan penduduk bumi di satu tempat dan kelihatan terbit di satu tempat yang lain. Ia tidak berpindah dan tergelincir dari laluannya sebagaimana firman Allah:
Dan masing-masing beredar pada orbitnya”  ( Yasin: 40 )
Sebelum kedatangan wahyu Baginda صلي الله عليه وسلم  , masyarakat Arab memahami bahawa bumi berbentuk datar dan tidak bergerak. Tiada di kalangan mereka yang mengetahui bahawa bumi adalah bulat. Al Quran memberitahu kita bahawa bentuk bumi adalah bulat secara tersirat. Ia menggalakkan kita berfikir, merenung, membuat analisis sesuai dengan kehendak banyak dari ayat-ayatnya yang menghendaki kita berfikir.
“Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan kebenaran. Dia menutupkan (Yukawwir) malam ke atas siang dan menutupkan (Yukawwir) siang ke atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar menurut waktu yang telah ditentukan. Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”. ( QS. Az-Zumar: 5)

Dalam beberapa ayat, Al Quran ada menerangkan bahawa bumi terbentang luas tanpa tepi. Sesuatu yang kelihatan terbentang tapi tidak mempunyai hujungnya ialah sesuatu yang berbentuk bulat. Ini ditambah lagi dengan adanya dua timur dan dua barat sebagaimana yang telah disentuh dan dihuraikan sebelum ini.
Fakta ini turut disokong oleh ayat Al Quran yang menerangkan bahawa siang dan malam silih berganti dan juga ayat berkenaan gunung yang berjalan atau bergerak sama seperti beredarnya awan.
Fakta-fakta seperti inilah yang mendorong usaha untuk mengukur keluasan bumi pada zaman Khalifah Al Makmun (786M-833M ) dengan cara pengukuran yang teliti dan membuat kesimpulan bahawa bumi adalah berbentuk bulat dan beredar di atas paksinya mengelilingi matahari.
Di antara ilmuan falak membuktikan bumi ini bulat ialah Al Biruni ( 973 M sampai 1048 M ). Beliau membagikan bulatan bumi kepada garis bujur (longitude) dan garis lintang (latitude) didalam bukunya yang berjudul: Penetapan Penghujung Satu-Satu Tempat Untuk Mengesahkan Jarak Sesuatu Tempat” yang ditulis pada tahun 416 H bertepatan 1040 M.
Demikian juga dengan Al Khawarizmi, dengan bantuan beberapa orang ahli falak yang lain, beliau berjaya mengukur lilitan bumi dan mereka mendapati bumi adalah bulat. Beliau juga menolak pandangan astronomer Yunani purba –Ptolemy- yang mengatakan bumi berada dalam keadaan tetap dan matahari bergerak mengelilingi bumi. Pandangan Ptolemy ini dipegang dan dipertahankan oleh pihak gereja sehingga ratusan tahun lamanya. Ini bermakna ketika ilmuan Islam menemui bahawa bumi ini bulat, masyarakat eropah masih lagi berpegang bahwa bumi ini datar seperti hamparan tikar.
Perhatikan gambar berikut ini :


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheJFn_DHb1dw9RtsxEiPUENVM4mSOBcb0lkGz-K1tcManto3oMmmVm4uqezWQqmfs2AirWnpyYI1iYEvpl6cPo58EKsQxvTqSSbwhOZ5-Z0CcUxQD4j-1PfeBSvV5IG8Sl52ETFw4-piG7/s400/PC100537.JPG,https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlCl0QxLdIWkiExsHKq42SjJxPAJi3VcB5N2VRLk8-5xw8Dsw24oDzwK_Kohn6Svsl_xu-NkhXeJF0PhKYwnhVCV8M024xj3Q2NsadEo7O2fY7NtT3nnZZjRbot9Z1Z4OYsYHqvPtqFZYB/s400/PC100536.JPG
 




















https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj3YXcRyzwDl3vHiPbyb6wZedPJy1MeatwS3Vz_KM5Jcy-hXjARdFU7ThfRI9oVC8Gtl1BvKqceA8png5tjeOrAZCQORqFFm0lCa6EOhTZOt5SP5M4iOQLnnX8kjf3iIAUEx2CiHVebD8vo/s400/PC100532.JPG
 










BENDA-BENDA LANGIT DAN ISTILAH.
1.        Tsawabit atau Bintang tetap. Termasuk diantaranya adalah Matahari kita. Semua Bintang (An-najm) yang bercahaya sendiri.
2.        Sayyaroh (Planet) yang berputar mengikuti matahari, diantaranya adalah bumi kita. Bintang-bintang ini bercahaya karena pantulan (Alkaukab), bukan karena cahaya sendiri.
3.        Bulan (Satelit), semua benda yang mengikuti Sayyaroh. Diantaranya adalah Bulan Kita (Alqomar).
4.        Majarroh (Galaxy), yaitu sekumpulan berjuta-juta bintang termasuk system matahari kita, dan nampak seperti kabut.
5.        Mudhannibat (Bintang berekor), suatu bintang yang tidak padat dan ekornya selalu bertentangan dengan posisi matahari.
6.        Syuhub (Meteor) atau carit bintang. Yaitu suatu bintang yang keluar dari orbitnya karena daya tarik bumi. Pada saat memasuki angkasa bumi, benda tersebut bergosokan dengan udara bumi dan terbakar.
7.        Dan lain-lain
CONTOH KAJIAN ILMU FALAQ
Salah satu hal yang membedakan antara penanggalan Hijriah dengan kalender lainnya adalah peraturan yang digunakan. Peraturan penanggalan hijriah disandarkan pada Al Qur’an dan Hadis yang sekaligus sebagai sumber hukum dalam agama Islam. Beberapa aturan dasar penanggalan Hijriah adalah :
1.        Satu tahun terdiri dari 12 bulan. Hal ini didasarkan firman Allah (QS. Attaubah : 36) yang artinya, “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram”.
2.        Awal bulan ditandai dengan hilal. Hal ini didasarkan pada firman Allah dalam Surah Al-Baqarah : 189 yang artinya, “Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadat) haji”.
3.         Satu bulan Hijriah itu terdiri dari 29 hari atau 30 hari. Hal ini didasarkan pada beberapa Hadis Nabi yang berkaitan dengan puasa di antaranya, “Sebulan itu adalah sekian dan sekian, kemudian beliau melengkungkan ibu jarinya pada perkataan yang ketiga, maka berpuasalah kamu karena melihat hilal, dan berbukalah (mengakhiri puasa) kamu karena melihat hilal. Jika hilal tertutup oleh awan, maka pastikanlah bilangan hari pada bulan itu lamanya menjadi 30 hari” (HR. Muslim).
Berdasarkan Al Quran dan Hadis Nabi tersebut, para ulama sepakat bahwa penanggalan Hijriah merupakan sistem penanggalan yang didasarkan pada pergerakan Bulan dalam mengelilingi Bumi (Lunar Calendar) dan awal bulan ditandai dengan hilal. Karena didasarkan pada astronomical phenomena maka penanggalan Hijriah tidak mengenal istilah tahun kabisat dan satu tahunnya terdiri dari 12 bulan yang tidak bergantung pada posisi matahari.
Dalam praktiknya, penanggalan Hijriah hingga kini-belum mempunyai peraturan baku yang dipergunakan secara internasional, sehingga dalam penetapan awal maupun akhir bulan terutama dalam penetapan awal dan akhir Ramadhan masih sering terjadi perbedaan. Banyak faktor yang menjadi penyebab perbedaan tersebut.
Penentuan awal dan akhir Ramadhan dapat dilakukan melalui salah satu dari tiga cara di bawah ini:
1.        Dengan Cara rukyatul hilal
Yaitu melihat hilal (bulan baru/sabit) setelah ijtima’ (konjungsi) dan setelah wujud/muncul di atas ufuk pada akhir bulan dengan mata telanjang atau melalui alat. Cara ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW:
لاَ تَصُوْمُوا حتَّى تَرَوا الْهِلاَلَ، وَلاَ تُفْطِرُوا حتى تَرَوْهُ
Artinya:    Janganlah berpuasa (Ramadhan) sehingga kalian melihat hilal dan janganlah berhari raya sehingga kalian melihat hilal.” (HR Bukhari dan Muslim)
Hadits lain menegaskan bahwa cara menentukan awal Ramadhan adalah dengan melihat bulan sabit.
صُوْمُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ.
Artinya:    Berpuasalah jika telah melihat hilal dan berharirayalah bila telah melihat hilal”. (HR Bukhari dan Muslim).
Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang sepanjang yang bersangkutan tidak termasuk cacat penglihatan. Hal ini sangat sesuai dengan kondisi umat pada awal keislaman di mana mayoritas kaum muslimin pada waktu itu masih banyak yang belum bisa baca dan tulis.
Jumhur ulama mencukupkan bahwa hasil rukyat yang dilakukan seorang muslim yang dapat dipercaya dan tidak cacat dalam agamanya (adil) dapat dijadikan sebagai landasan untuk memutuskan tentang awal bulan Ramadhan. Hal itu berdasarkan hadits Ibnu Umar dia berkata bahwa ketika semua orang sedang memantau awal bulan maka sayalah yang melihatnya, lalu saya laporkan kepada Nabi kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa dan menyuruh seluruh kaum muslimin untuk berpuasa”. (HR Abu Dawud, al-Baihaqi dan ad-Daruquthni).
2.        Menyempurnakan bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari
Ketika para perukyat tidak berhasil melihat hilal pada tanggal 29 bulan Sya`ban baik keadaan langit berawan, mendung atau cerah, maka cara menentukan awal bulan Ramadhan dalam keadaan seperti ini adalah menjadikan bilangan bulan Sya`ban menjadi tiga puluh. Pandangan ini didasarkan kepada Sabda Nabi
صوموا لرؤيته وأفطروا لرؤيته، فإن غبي عليكم فأآملوا عدة شعبان ثلاثين.
Artinya: Dari Abu Hurairah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:” berpuasalah jika telah melihat hilal dan berharirayalah bila telah melihat hilal, apabila terhalang oleh mendung maka sempurnakanlah bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari”. (HR Bukhari dan Muslim).
الشهر تسع وعشرون ليلة، فلا تصوموا حتى تروه، فإن غم عليكم فأآملوا العدة ثلاثين
Artinya:    ”Bulan (Sya’ban) itu dua puluh sembilan malam, maka janganlah puasa hingga kalian melihatnya (hilal) apabila terhalang olehmu mendung maka sempurnakan menjadi tiga puluh malam.” (HR Bukhari).
3.        Memperkirakan bulan sabit.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda:
لا تصوموا حتى تروا الهلال، ولا تفطروا حتى تروه، فإن غم عليكم فاقدروا له.
Artinya:    “Janganlah berpuasa (Ramadhan) sehingga kalian melihat hilal dan janganlah berhari raya sehingga kalian melihat hilal, apabila terhalang olehmu mendung maka perkirakanlah” ( HR Bukhari dan Muslim).
Sebagian ulama, seperti; Muthrif bin Abdullah, Abul Abbas bin Suraij dan Ibnu Qutaibahberpendapat bahwa maksud faqduru lah adalah perkirakanlah bulan sesuai dengan menzilahnya (posisi orbitnya).
Pendapat Abul Abbas Ibnu Siraj dari kalangan ulama Syafi`iyyah, mengatakan bahwa orang yang mengetahui awal Ramadhan melalui ilmu falaqnya, maka dia wajib berpuasa.(lihat al-Majmuk oleh an-Nawawi; 6/279,280).
Cara ketiga untuk penentuan awal bulan mengundang perhatian lebih luas bagi para ulama kontemporer dan ahli dengan berkembangnya ilmu falaq modern. Sebagaimana dikutip oleh Syeikh Yusuf al-Qardhawi dalam risalah Ramadhan di mana sebagian ulama besar pada abad modern ini seperti Ahmad Muhammad Syakir, Mustafa Zarqa` berpandangan bahwa perlunya umat Islam beralih dari cara yang sederhana menuju cara yang lebih modern dan terukur dalam menentukan awal bulan Ramadhan yaitu dengan berpedoman kepada ilmu falaq modern yang mana teori-teori yang dibangun berdasarkan ilmu yang pasti dan perhitungan yang sangat teliti.
Kita mengakomodir antara pendapat ulama salaf dan para ulama kontemporer. Memanfaatkan falaq modern sebagai pendukung melakukan rukyat hilal, dan rukyat hilal sebagai dasar utama penetapan bulan Ramadhan dan Syawal.
Golongan yang menggunakan rukyat berpendapat bahwa awal dan akhir Ramadhan harus ditetapkan atas dasar hasil rukyat bil fi’li (melihat hilal dengan mata kepala) sementara golongan yang menggunakan hisab berpendapat bahwa hisablah yang harus digunakan dalam menetapkan awal dan akhir ramadhan. Masing – masing berpijak pada dalil-dalil syar’i berdasarkan atas interpretasi mereka.
Faktor lain yang menjadi penyebab berbedanya penetapan awal dan akhir ramadhan
Tidak hanya masalah perbedaan pemahaman terhadap nash-nash al-Quran maupun as-Sunah yang menjadi penyebab perbedaan penetapan awal dan akhir Ramadhan, namun banyak faktor-faktor lain yang menjadi penyebabnya, diantaranya adalah :
Masih adanya perbedaan pemahaman tentang definisi hilal, ada yang mengartikan hilal sebagai Bulan sabit yang pertama bisa dilihat dengan mata telanjang. Ada juga yang mengartikan hilal sebagai Bulan yang sudah melewati konjungsi dan berada di atas ufuk saat magrib. Adanya perbedaan di antara para ahli hisab terhadap sistem hisab yang digunakan. Pada saat ini terdapat lebih dari 20 sistem dan referensi hisab yang digunakan di Indonesia yang dikelompokkan menjadi tiga, yakni hisab taqribi, hisab tahqiqi, dan hisab kontemporer.
Sementara itu ada juga perbedaan di antara para ahli rukyat sendiri, perbedaan itu antara lain dalam masalah rukyat siapakanh yang dapat diterima, apakah harus melalui sumpah atau tidak dan berapa batas minimal orang yang melihat bulan sehingga rukyat tersebut dapat dijadikan keputusan, dan apakah hasil rukyat harus didukung hasil hisab, sehingga jika bertentangan dengan hasil hisab maka hasil rukyat tidak diterima. Selain itu, para ahli rukyat belum sepakat tentang mathla, jangkauan berlakunya hasil rukyat, apakah hasil rukyat di suatu Negara dapat dijadikan dasar penetapan awal dan akhir Ramadhan bagi Negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar