ILMU FALAK
Oleh: Ardan Lelemappuji
Falak
dari bahasa Sumerian ‘pilak’ artinya sesuatu yang berputar. Dalam bahasa
latin, astronomi – ilmu mengenai bintang. Definisi Ilmu
Falak menurut para ahli adalah:
Menurut Baharrudin
Zainal (DBP 2002) dari buku Pengenalan Ilmu Falak, Ilmu Falak Ilmu yang mengkaji perjalanan badan-badan
cakerawala seperti bumi, bulan, matahari dan bintang-bintang.
Definisi Ilmu Falak menurut Ikhwan as-Shafa adalah ilmu yang mengkaji
tentang tatasuria, menghitung jumlah bintang, mengukur pembahagian
gugusan-gugusan bintan, jarak, saiz dan pergerakan badan-badan cakerawala serta
mengetahui segala sesuatu yang berhubungan dengannya.
Definisi Ilmu Falak menurut Ibn Khaldun, yaitu ilmu yang mempelajari
tentang pergerakan tetap bintang-bintang, sama ada yang bergerak atau
berpusing. Gerakan-gerakan tersebut boleh diketahui melalui cerapan atau
hitungan. Ilmu hitungan pula hendaklah berdasarkan kepada pengetahuan tentang
ciri-ciri pergerakan dan kedudukannya. Atau Pengetahuan tentang definisi ini penting
bagi membezakannya dengan aspek kajian bintang yang lain iaitu ‘astrologi’ atau
‘ilmu bintang pernujuman’.
Ilmu falak adalah ilmu yang memperlajari
tentang benda-benda langit, matahari bulan, bintang dan planet-planet lainnya.
Pengetahuan tentang posisinya merupakan pengalaman serta pengamatan yang
dikerjakan secara berulang-ulang dengan bantuan alat-alat. Ilmu ini ditemukan
dalam kurun waktu ribuan tahun, dimulai sejak kurang lebih 3.000 tahun sebelum
Masehi di kerajaan Babylonia yang terletak diantara Sungai Tigris dan Sungai
Efrat (selatan irak kini). Para pendeta kerajaan tersebut meneukan dua belas
gugusan besar bintang di cakrawala, yang mereka bayangkan sebagai sebuah
lingkaran. Setiap gugusan bintang (zodiak) berlansung selama 30 hari. Setiap
bagian mereka namakan derajat, yang pada akhirnya ilmu tersebut berkembang
menjadi ilmu geometri, dan matematika, ilmu ukur dan ilmu hitung. Dengan
prinsip dasar penghitungan jalannya bulan dan matahari yang kemudian menjadi
ilmu almanac (penaggalan).
Pada zaman
keemasan arab, setelah beberapa abad wafatnya baginda Rasulullah SAW (632),
bangsa arab telah menjadi penghubung antara kebudayan yunani kuno dan eropa
barat. Bangsa Arab memiliki sifat dan kepribadian serta keimanan murni, bahwa
manusia semata-mata diciptakan untuk mengabdi pada Allah SWT. Maka segala
kekayaan rohani dari bangsa Yunani mereka pandang sebagai amanah suci yang
harus dipelihara dan dijaga untuk disampaikan kepada umat manusia. Kekayaan
rohani bangsa Yunani tersebut antara alin adalah Ilmu Falak, yang kemudian
mereka komentari dengan sebaik-baiknya, tanpa memutar balikkan kenyataan yang
mereka peroleh dan disampaikan secara utuh kepada umat. Ilmu falak dikembangkan
oleh para ilmuwan muslim karena ilmu tersebut berhubungan erat dengan
pelaksanaan ketentuan agama Islam seperti Shalat, penentuan arah Kiblat, dan
penentuan awal bulan Qamariyah. Bagi daerah yang baru diduduki oleh bangsa
Arab/Islam harus segera pila ditentukan arah kiblatnya, terutama bagi daerah
terpencil.
Salah satu
ulama yang muncul sebagai tokoh ilmu falak terkemuka adalah Muhammad bin Musa
al-Khawarizmi ( 780-850 ) yang mengarang buku berjudul Mukhtasar fi Hisab
al-Jabar wa al-Muqabalah di Baghdad. Yang pada akhirnya mempengaruhi
pemkiran cendikiawan eropa dan diterjemahkan ke dalam bahasa latin oleh Robert
Chester pada tahun 1140 dengan judul Liber al-Gebras et almucabola. Sampai
sekarang, untuk menyelesaikan persoalan al-jabar masih tetap digunakan cara
al-Khawarizmi, yang dalam bahasa Inggris disebut algorism (algoritme).
Di Eropa,
orang Polandia yang bernama Nicolas Copernicus seorang ahli ilmu falak modern,
terutama mengenai teori yang dikemukannya bahwa bumi dan planet lainnya
berputar mengelilingi matahari (heliosentris) yang menggeser pendapat tentang
bumi sebagai pusat benda langit lainnya (geosentris).
Pengaruh
Islam (Arab) dalam ilmu falak masih tercatat dan terlihat jelas pada nama-nama
bintang dalam bahasa Arab yang masih melekat sempai sekarang, seperti Aldebaran
(Alpha Tauri) = Ad-Duburun (Dua); Mirfaq = Mirfaq (Siku); Rigel
(Beta Orionis) = Rijl (Kaki) yaitu bintang di kaki Orion; Zubenel janubi
= anak selatan; Altair (Alpha Aquilae) = at-Thair (Burung); Kochab
= Kaukab (Bintang); dan lain-lain.
Ilmu
falak sebagai ilmu yang berasaskan pengkajian terhadap alam semesta
yang sistematik menurut sunnatullah. Sedangkan setiap urusan kehidupan umat,
sama ada ibadat khusus atau tidak, akan tetap melibatkan ilmu falak.
1.
Sistem waktu
Umat
islam tidak mempedulikan langsung tentang sistem waktu, sekalipun Al-Quran
sendiri menyatakan bahawa watu solat itu ‘ditetapkan waktunya’. Namun aspek
menjaga waktu dibiarkan sahaja, dan dipercayai bahawa sebilangan besar daripada
umat islam, tidak tahu bagaimana waktu itu diukur dan ditentukan. Apalagi
tentang bagaimana waktu solat itu diukur dan ditentukan?
2.
Sistem tarikh dan takwim
Umat islam sekali lagi mengenepikan aspek kepentingan
sistem tarikh dan takwim, apabila aspek tarikh dan takwim ini masih terumbang
ambing dalam sesebuah negara, apalagi dalam hubungan antara negara. Sedangkan
umum maklum tentang urusan puasa, zakat dan haji, malah urusan peribadi dan
kekeluargaan seperti nikah, cerai dan rujuk, serta haid dan nifas, pasti
melibatkan aspek tarikh dan takwim, yang sewajarnya diberi perhatian penting
dan sebarang kekeliruan diatasi sehingga sistem tarikh dan takwim tidak diragui
kesahihannya, yang tentu berhubung rapat dengan aspek kesempurnaan ibadat itu
sendiri.
3.
Fenomena alam
Apabila
alam itu berfungsi dan beroperasi menurut sunnatullah, menurut sistem yang
telah diatur oleh Yang Maha Kuasa, dengan ‘kebenaran’ menghitung bilangan tahun
dan ‘hisab’, maka ‘penghitung’ akan menemui fenomena-fenomena tertentu dalam
hitungan kedudukan cakerawala bagi penyusunan takwim, dan penentuan kedudukan
jasad samawi yang lain, seperti fenomena gerhana (eclipse), ijtimak
(conjunction), istiqbal (opposition) dan lain-lain fenomena, yang akan berlaku
menurut turutan waktu yang tertentu, sama ada berulangan secara
‘banyak-banyak’, ‘jarang-jarang’, ‘sedikit-sedikit’ dan ‘kadang-kadang’. Namun
tiada satu pun dalam falak fenomena ini dianggap luarbiasa atau ‘ajaib’, kerana
luarbiasa dan ajaib hanya wujud pada fenomena yang berlaku secara ‘mukjizat’,
‘karamah’, dan sebagainya, bukan secara hitungan falak. Fenomena yang berlaku
secara hitungan falak dianggap ‘kehebatan’ sistem alam semesta ciptaan Maha
Agung, yang begitu terperinci, hingga memerlukan hitungan matematik dengan
angka perpuluhan yang besar.
Ilmu Falak itu
ada dalilnya dalam Al-Quran antaranya, seperti Firman Allah:
Demi
langit yang mempunyai bintang-bintang besar (yang bertaburan dicakrawala).
(Surah Buruj : 1).
Apabila dikatakan Ilmu Falak maka ianya dikaitkan dengan Ilmu
Astronomy. Ada pun Ilmu Astronomi itu tersangat luas, kerana ianya kajian
ilmuan cakrawala langit yang tiada batasannya itu. Jika mahu diceritakan
bagaimana bermulanya kejadian langit dan bumi dan bintang-bintang yang
bertaburan serta galaksi-galaksi yang ada sejak dari peristiwa “Big-Bang” itu
terlalu panjang lagi merumitkan. Maka cukup sahaja apa yang kita tahu, semuanya
telah Allah SWT hidangkan siap tersedia untuk kita. Maka terpulanglah kepada
kita merenung jauh tetapi tersangat dekat, akan Kebesaran Allah SWT, akan apa
yang ada dilangit itu.
Maka bagi Sufi Besar Syeikul Akbar Ibnul Arabi beliau
menamakan langit itu kepada dua bahagian: (1) Pertama : Langit yang berbintang.
(2) Kedua : Langit yang tidak berbintang. Dalam kitab-kitab beliau ada
menceritakan susunan hirarki ciptaan falak-falak langit itu, serta perkaitannya
dengan kita dan alam semesta ini. Bagi Sarjana Astronomy silam dan terkini itu
pula mereka membahagikan kepada dua juga : (1) Pertama : Ruang langit yang
mengandungi “Fixed Stars”. Dari kedudukan fixed stars atau bintang-bintang yang
bertaburan itu dinamakan Gugusan Bintang-Bintang atau pun dalam bahasa
Al-Qurannya disebutkan Al-Buruj. Maka dari situlah terbitnya kajian dan ilmuan
Zodiak atau Bintang 12, lalu diberikan namanya Ilmu Astrology atau Ilmu Falak.
(2) Kedua : Planet-planet utama yang sembilan dari fixed stars itu hingga
kebumi. Planet-planet yang sembilan itu ada hubung kait dengan fixed stars itu,
maka dinamakan ruling planet.
Jika dibumi ini untuk mengetahui keluasan sesuatu kawasan
tanah, kita memerlukan khidmat Jurukur Tanah (Land Surveyor) lalu diberikan
tanda batu sempadan. Maka begitu juga keluasan langit cosmic itu telah diplot
secara kaedah astronomy oleh Sarjana Astronomi silam lalu diberikan nama dan
nombor rujukannya. Hampir 1/3 buruj-buruj kecil itu telah diberikan nama dengan
nama Islam, seperti dalam gugusan Orion itu dinamakan Al-Nitak, Al-Neelam,
Al-Muntakak, Al-Debaran, Al-Deramin dan sebagainya. Ini bermakna orang-orang
Arab adalah lebeh mendalami bidang astronomy ini. Kemudian telah dipelopori
pula oleh orang-orang barat. Yang lain-lainnya itu telah diberikan nama oleh
Sarjana Astronomi Barat. Antara sarjana Astronomy Islam yang pakar dalam bidang
Ilmu Astronomi ini adalah dari Parsi Nasir Al-Din, Omar Kayyam dan lain-lain
dengan balai cerapnya sendiri yang kini hanya tinggal bahan sejarah Islam. Dari
barat itu pula antaranya yang ternama adalah Ptolemy, Copernicus dan lain-lain
lagi.
Antara mereka yang banyak menggunakan Ilmu Falak dalam
pelayaran adalah pedagang-pedagang Arab yang silam, samada dilautan atau
didaratan. Mereka berdagang dari satu negeri kesatu negeri hanya mengunakan
kompas kuno dan kaedah bintang-bintang dilangit menuju kedestinasi perdagangan
dengan tepat sekali. Begitu juga The Tree Wise Men dari Parsi berdasarkan
perkiraan falak mereka pertemuan dua bintang dilangit itu, mereka dapat
meramalkan kelahiran Nabi Isa AS. Maka ilmu Astronomy itu telah banyak yang
hilang dari khazanah Islam. Maka tinggallah ilmu falak Islam itu digunakan
apabila mahu melihat anak bulan untuk menetapkan tarikh mula berpuasa dan hari
beraya, berdasarkan perkiraan hisab dan rukyah. Sejak zaman internet dunia
tanpa sempadan, nampaknya telah terbuka sedikit keinginan kita mengenali apakah
dia Ilmu Falak.
Dalil – dalil tentang ilmu falaq yang digunakan oleh ahli hisab,
yaitu:
1.
Surah Yunus ayat 5:
هُوَ الَّذِي جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ مَا خَلَقَ اللَّهُ ذَلِكَ إِلا بِالْحَقِّ يُفَصِّلُ الآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ ( يونس : ٥(
Terjemahnya:
Dia-lah yang menjadikan matahari
bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat)
bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan
perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan
hak[669]. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang
mengetahui.
(QS. Yunus : 5)
2.
Surah Ar-Rahman ayat 5
الشمس و القمر بحسبان
Terjemahnya:
Matahari beredar menurut perhitungan. (QS. Ar-Rahman: 5)
3.
Surah Al-Baqarah ayat 189
يسألونك عن الأهلة قل هي مواقيت للناس والحج ( البقرة : 189(
Terjemahnya:
Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit.
Katakanlah: Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadah)
haji.
(QS. al-Baqarah: 189).
Ayat di atas
menjelaskan kepada kita bahwa Allah Ta’ala telah menetapkan manjilah-manjilah
(tempat-tempat) bagi perjalanan bulan supaya kita mengetahui waktu (bulan) dan
tahun sedangkan matahari agar kita mengetahui waktu (hari) dan jam. Secara
explisit dua ayat di atas juga mengandung pelajaran disyariatkannya mempelajari
ilmu falak (astronomi) atau ilmu hisab untuk mengetahui waktu-waktu shalat,
puasa, haji dan lainnya yang bermanfa’at bagi kaum Muslimin.
4.
Sabda Rasulullah SAW
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : إنّا أمة أمية لا نكتب ولا نحسب، الشهر هكذا
وهكذا يعنى مرة
تسعة وعشرون ومرة ثلاثون (رواه البخاري(
Artinya: Rasulallah Saw bersabda Kita adalah umat buta
huruf, tidak pandai menulis dan tidak pandai berhitung, sebulan itu adalah
sekian dan sekian (maksudnya kadang-kadang 29 hari dan kadang-kadang 30 hari).
(HR. Al Bukhari).
5.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma bahawa
Baginda صلي الله عليه وسلم ditanya:
“Dimanakah tenggelamnya objek-objek angkasa dan dari
manakah terbitnya objek-objek angkasa? Jawab Baginda صلي
الله عليه وسلم :
Ia berada tetap ditempatnya tidak berpindah dan tidak tergelincir, ia kelihatan
tenggelam pada pandangan penduduk di satu tempat dan kelihatan terbit pada
penglihatan penduduk di satu tempat yang lain. Dalam waktu yang sama, penduduk
di satu daerah mengatakan ia tenggelam sedangkan penduduk daerah yang lain
mengatakan ia terbit”.
Di dalam
hadis ini menunjukkan kepada kita bahawa matahari terbit dan terbenam bersilih ganti di atas permukaan bumi. Secara
logiknya ia tidak mungkin terjadi demikian kecuali bentuk bumi adalah bulat.
Matahari, bulan dan lain-lain hilang dari pandangan penduduk bumi di
satu tempat dan kelihatan terbit di satu tempat yang lain. Ia tidak berpindah
dan tergelincir dari laluannya sebagaimana firman Allah:
“Dan
masing-masing beredar pada orbitnya” ( Yasin: 40 )
Sebelum
kedatangan wahyu Baginda صلي الله عليه وسلم , masyarakat Arab memahami bahawa bumi
berbentuk datar dan tidak bergerak. Tiada di kalangan mereka yang mengetahui
bahawa bumi adalah bulat. Al Quran memberitahu kita bahawa bentuk bumi adalah
bulat secara tersirat. Ia menggalakkan kita berfikir, merenung, membuat
analisis sesuai dengan kehendak banyak dari ayat-ayatnya yang menghendaki kita
berfikir.
“Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan
kebenaran. Dia menutupkan (Yukawwir) malam ke atas siang dan menutupkan (Yukawwir)
siang ke atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar
menurut waktu yang telah ditentukan. Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha
Pengampun”. ( QS. Az-Zumar: 5)
Dalam
beberapa ayat, Al Quran ada menerangkan bahawa bumi terbentang luas tanpa tepi.
Sesuatu yang kelihatan terbentang tapi tidak mempunyai hujungnya ialah sesuatu
yang berbentuk bulat. Ini ditambah lagi dengan adanya dua timur dan dua barat
sebagaimana yang telah disentuh dan dihuraikan sebelum ini.
Fakta ini turut
disokong oleh ayat Al Quran yang menerangkan bahawa siang dan malam silih
berganti dan juga ayat berkenaan gunung yang berjalan atau bergerak sama
seperti beredarnya awan.
Fakta-fakta
seperti inilah yang mendorong usaha untuk mengukur keluasan bumi pada zaman
Khalifah Al Makmun (786M-833M ) dengan cara pengukuran yang teliti dan membuat
kesimpulan bahawa bumi adalah berbentuk bulat dan beredar di atas paksinya
mengelilingi matahari.
Di antara
ilmuan falak membuktikan bumi ini bulat ialah Al Biruni ( 973 M sampai 1048 M
). Beliau membagikan bulatan bumi kepada garis bujur (longitude) dan garis
lintang (latitude) didalam bukunya yang berjudul: “Penetapan
Penghujung Satu-Satu Tempat Untuk Mengesahkan Jarak Sesuatu Tempat” yang
ditulis pada tahun 416 H bertepatan 1040 M.
Demikian
juga dengan Al Khawarizmi, dengan bantuan beberapa orang ahli falak yang lain,
beliau berjaya mengukur lilitan bumi dan mereka mendapati bumi adalah bulat.
Beliau juga menolak pandangan astronomer Yunani purba –Ptolemy- yang mengatakan
bumi berada dalam keadaan tetap dan matahari bergerak mengelilingi bumi.
Pandangan Ptolemy ini dipegang dan dipertahankan oleh pihak gereja sehingga
ratusan tahun lamanya. Ini bermakna ketika ilmuan Islam menemui bahawa bumi ini
bulat, masyarakat eropah masih lagi berpegang bahwa bumi ini datar seperti
hamparan tikar.
Perhatikan
gambar berikut ini :
BENDA-BENDA
LANGIT DAN ISTILAH.
1.
Tsawabit atau
Bintang tetap. Termasuk diantaranya adalah Matahari kita. Semua Bintang (An-najm)
yang bercahaya sendiri.
2.
Sayyaroh
(Planet) yang berputar mengikuti matahari, diantaranya adalah
bumi kita. Bintang-bintang ini bercahaya karena pantulan (Alkaukab),
bukan karena cahaya sendiri.
3.
Bulan (Satelit),
semua benda yang mengikuti Sayyaroh. Diantaranya adalah Bulan
Kita (Alqomar).
4.
Majarroh
(Galaxy), yaitu sekumpulan berjuta-juta bintang termasuk
system matahari kita, dan nampak seperti kabut.
5.
Mudhannibat
(Bintang berekor), suatu bintang yang tidak padat dan ekornya selalu
bertentangan dengan posisi matahari.
6.
Syuhub
(Meteor) atau carit bintang. Yaitu suatu bintang yang keluar
dari orbitnya karena daya tarik bumi. Pada saat memasuki angkasa bumi, benda
tersebut bergosokan dengan udara bumi dan terbakar.
7.
Dan lain-lain
CONTOH
KAJIAN ILMU FALAQ
Salah satu hal yang membedakan antara penanggalan Hijriah dengan
kalender lainnya adalah peraturan yang digunakan. Peraturan penanggalan hijriah
disandarkan pada Al Qur’an dan Hadis yang sekaligus sebagai sumber hukum dalam
agama Islam. Beberapa aturan dasar penanggalan Hijriah adalah :
1.
Satu
tahun terdiri dari 12 bulan. Hal ini didasarkan firman Allah (QS. Attaubah :
36) yang artinya, “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas
bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di
antaranya empat bulan haram”.
2.
Awal
bulan ditandai dengan hilal. Hal ini didasarkan pada firman Allah dalam Surah
Al-Baqarah : 189 yang artinya, “Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit.
Katakanlah: Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi
ibadat) haji”.
3.
Satu
bulan Hijriah itu terdiri dari 29 hari atau 30 hari. Hal ini didasarkan pada
beberapa Hadis Nabi yang berkaitan dengan puasa di antaranya, “Sebulan itu
adalah sekian dan sekian, kemudian beliau melengkungkan ibu jarinya pada
perkataan yang ketiga, maka berpuasalah kamu karena melihat hilal, dan
berbukalah (mengakhiri puasa) kamu karena melihat hilal. Jika hilal tertutup
oleh awan, maka pastikanlah bilangan hari pada bulan itu lamanya menjadi 30
hari” (HR. Muslim).
Berdasarkan Al Quran dan Hadis Nabi tersebut, para ulama sepakat
bahwa penanggalan Hijriah merupakan sistem penanggalan yang didasarkan pada
pergerakan Bulan dalam mengelilingi Bumi (Lunar Calendar) dan awal bulan
ditandai dengan hilal. Karena didasarkan pada astronomical phenomena maka
penanggalan Hijriah tidak mengenal istilah tahun kabisat dan satu tahunnya
terdiri dari 12 bulan yang tidak bergantung pada posisi matahari.
Dalam praktiknya, penanggalan Hijriah hingga kini-belum mempunyai peraturan baku yang dipergunakan secara internasional, sehingga dalam penetapan awal maupun akhir bulan terutama dalam penetapan awal dan akhir Ramadhan masih sering terjadi perbedaan. Banyak faktor yang menjadi penyebab perbedaan tersebut.
Dalam praktiknya, penanggalan Hijriah hingga kini-belum mempunyai peraturan baku yang dipergunakan secara internasional, sehingga dalam penetapan awal maupun akhir bulan terutama dalam penetapan awal dan akhir Ramadhan masih sering terjadi perbedaan. Banyak faktor yang menjadi penyebab perbedaan tersebut.
Penentuan awal dan akhir Ramadhan dapat dilakukan melalui salah
satu dari tiga cara di bawah ini:
1.
Dengan Cara
rukyatul hilal
Yaitu
melihat hilal (bulan baru/sabit) setelah ijtima’ (konjungsi)
dan setelah wujud/muncul di atas ufuk pada akhir bulan dengan mata telanjang
atau melalui alat. Cara ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW:
لاَ
تَصُوْمُوا حتَّى تَرَوا الْهِلاَلَ، وَلاَ تُفْطِرُوا حتى تَرَوْهُ
Artinya: “Janganlah berpuasa (Ramadhan)
sehingga kalian melihat hilal dan janganlah berhari raya sehingga kalian
melihat hilal.” (HR Bukhari dan Muslim)
Hadits lain menegaskan bahwa cara menentukan awal Ramadhan adalah dengan
melihat bulan sabit.
صُوْمُوا
لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ.
Artinya: “Berpuasalah jika telah melihat hilal
dan berharirayalah bila telah melihat hilal”. (HR Bukhari dan Muslim).
Cara
ini merupakan cara yang paling mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang
sepanjang yang bersangkutan tidak termasuk cacat penglihatan. Hal ini sangat
sesuai dengan kondisi umat pada awal keislaman di mana mayoritas kaum muslimin
pada waktu itu masih banyak yang belum bisa baca dan tulis.
Jumhur
ulama mencukupkan bahwa hasil rukyat yang dilakukan seorang muslim yang dapat
dipercaya dan tidak cacat dalam agamanya (adil) dapat dijadikan
sebagai landasan untuk memutuskan tentang awal bulan Ramadhan. Hal itu
berdasarkan hadits Ibnu Umar dia berkata bahwa ketika
semua orang sedang memantau awal bulan maka sayalah yang melihatnya, lalu saya laporkan
kepada Nabi kemudian Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa dan
menyuruh seluruh kaum muslimin untuk berpuasa”. (HR Abu
Dawud, al-Baihaqi dan ad-Daruquthni).
2.
Menyempurnakan
bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari
Ketika
para perukyat tidak berhasil melihat hilal pada tanggal 29 bulan Sya`ban baik
keadaan langit berawan, mendung atau cerah, maka cara menentukan awal bulan Ramadhan
dalam keadaan seperti ini adalah menjadikan bilangan bulan Sya`ban menjadi tiga
puluh. Pandangan ini didasarkan kepada Sabda Nabi
صوموا
لرؤيته وأفطروا لرؤيته، فإن غبي عليكم فأآملوا عدة شعبان ثلاثين.
Artinya: Dari
Abu Hurairah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:” berpuasalah
jika telah melihat hilal dan berharirayalah bila telah melihat hilal, apabila
terhalang oleh mendung maka sempurnakanlah bulan Sya’ban menjadi tiga puluh
hari”. (HR Bukhari dan Muslim).
الشهر
تسع وعشرون ليلة، فلا تصوموا حتى تروه، فإن غم عليكم فأآملوا العدة ثلاثين
Artinya:
”Bulan (Sya’ban) itu dua puluh sembilan
malam, maka janganlah puasa hingga kalian melihatnya (hilal) apabila terhalang
olehmu mendung maka sempurnakan menjadi tiga puluh malam.” (HR
Bukhari).
3.
Memperkirakan bulan
sabit.
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam,
bersabda:
لا
تصوموا حتى تروا الهلال، ولا تفطروا حتى تروه، فإن غم عليكم فاقدروا له.
Artinya: “Janganlah berpuasa (Ramadhan) sehingga
kalian melihat hilal dan janganlah berhari raya sehingga kalian melihat hilal,
apabila terhalang olehmu mendung maka perkirakanlah” ( HR Bukhari dan Muslim).
Sebagian
ulama, seperti; Muthrif bin Abdullah, Abul Abbas bin Suraij dan Ibnu
Qutaibahberpendapat bahwa maksud faqduru lah adalah
perkirakanlah bulan sesuai dengan menzilahnya (posisi orbitnya).
Pendapat
Abul Abbas Ibnu Siraj dari kalangan ulama Syafi`iyyah, mengatakan bahwa orang
yang mengetahui awal Ramadhan melalui ilmu falaqnya, maka dia wajib berpuasa.(lihat
al-Majmuk oleh an-Nawawi; 6/279,280).
Cara
ketiga untuk penentuan awal bulan mengundang perhatian lebih luas bagi para
ulama kontemporer dan ahli dengan berkembangnya ilmu falaq modern. Sebagaimana
dikutip oleh Syeikh Yusuf al-Qardhawi dalam risalah Ramadhan di mana sebagian
ulama besar pada abad modern ini seperti Ahmad Muhammad Syakir, Mustafa Zarqa`
berpandangan bahwa perlunya umat Islam beralih dari cara yang sederhana menuju
cara yang lebih modern dan terukur dalam menentukan awal bulan Ramadhan yaitu
dengan berpedoman kepada ilmu falaq modern yang mana teori-teori yang dibangun
berdasarkan ilmu yang pasti dan perhitungan yang sangat teliti.
Kita
mengakomodir antara pendapat ulama salaf dan para ulama kontemporer.
Memanfaatkan falaq modern sebagai pendukung melakukan rukyat hilal, dan rukyat
hilal sebagai dasar utama penetapan bulan Ramadhan dan Syawal.
Golongan
yang menggunakan rukyat berpendapat bahwa awal dan akhir Ramadhan harus
ditetapkan atas dasar hasil rukyat bil fi’li (melihat hilal dengan mata kepala)
sementara golongan yang menggunakan hisab berpendapat bahwa hisablah yang harus
digunakan dalam menetapkan awal dan akhir ramadhan. Masing – masing berpijak
pada dalil-dalil syar’i berdasarkan atas interpretasi mereka.
Faktor
lain yang menjadi penyebab berbedanya penetapan awal dan akhir ramadhan
Tidak hanya masalah perbedaan pemahaman terhadap nash-nash al-Quran maupun as-Sunah yang menjadi penyebab perbedaan penetapan awal dan akhir Ramadhan, namun banyak faktor-faktor lain yang menjadi penyebabnya, diantaranya adalah :
Masih adanya perbedaan pemahaman tentang definisi hilal, ada yang mengartikan hilal sebagai Bulan sabit yang pertama bisa dilihat dengan mata telanjang. Ada juga yang mengartikan hilal sebagai Bulan yang sudah melewati konjungsi dan berada di atas ufuk saat magrib. Adanya perbedaan di antara para ahli hisab terhadap sistem hisab yang digunakan. Pada saat ini terdapat lebih dari 20 sistem dan referensi hisab yang digunakan di Indonesia yang dikelompokkan menjadi tiga, yakni hisab taqribi, hisab tahqiqi, dan hisab kontemporer.
Tidak hanya masalah perbedaan pemahaman terhadap nash-nash al-Quran maupun as-Sunah yang menjadi penyebab perbedaan penetapan awal dan akhir Ramadhan, namun banyak faktor-faktor lain yang menjadi penyebabnya, diantaranya adalah :
Masih adanya perbedaan pemahaman tentang definisi hilal, ada yang mengartikan hilal sebagai Bulan sabit yang pertama bisa dilihat dengan mata telanjang. Ada juga yang mengartikan hilal sebagai Bulan yang sudah melewati konjungsi dan berada di atas ufuk saat magrib. Adanya perbedaan di antara para ahli hisab terhadap sistem hisab yang digunakan. Pada saat ini terdapat lebih dari 20 sistem dan referensi hisab yang digunakan di Indonesia yang dikelompokkan menjadi tiga, yakni hisab taqribi, hisab tahqiqi, dan hisab kontemporer.
Sementara
itu ada juga perbedaan di antara para ahli rukyat sendiri, perbedaan itu antara
lain dalam masalah rukyat siapakanh yang dapat diterima, apakah harus melalui
sumpah atau tidak dan berapa batas minimal orang yang melihat bulan sehingga
rukyat tersebut dapat dijadikan keputusan, dan apakah hasil rukyat harus
didukung hasil hisab, sehingga jika bertentangan dengan hasil hisab maka hasil
rukyat tidak diterima. Selain itu, para ahli rukyat belum sepakat tentang
mathla, jangkauan berlakunya hasil rukyat, apakah hasil rukyat di suatu Negara
dapat dijadikan dasar penetapan awal dan akhir Ramadhan bagi Negara lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar