Sabtu, 30 November 2013

Do'a Kuliah Umum



P  E  M  B  A  C  A  A  N      D  O’  A
Oleh : Ardan Lelemappuji, S.HI

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu ‘Alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى نَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ، وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ، أَشْهَدُ أَلاَّ إِلَهَ إلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّهُمَّ صَلِ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحمَّدٍ وَعَلَى الِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ.
v  Allahumma ya Allah, ya Tuhan kami.             Berilah keberkahan Kuliah Perdana Pasca Sarjana ini, Ridhai-lah peresmian Gedungnya dan rahmati-lah peresmian LAB bahasa FAI Unismuh Palu.
v  Ya Allah, Penguasa jagat raya. Tuntun-lah kami dalam mengamalkan ilmu, untuk membimbing manusia kejalan yang Engkau ridhai, sehingga bermanfaat bagi diri-kami, berguna bagi masyarakat,  berfaedah bagi agama, bangsa dan Negara serta dapat menyelamatkan kami di dunia dan akherat.
v  Ya Allah, yang maha pemberi syafaat, Berikan kekuatan kepada kami untuk selalu beristiqomah menggapai cita-cita kami. Cita-cita yang membuat kami bisa melihat indahnya dunia, cita-cita yang bisa membuat kami berkarya memberikan yang terbaik untuk agama, bangsa, Negara, wa bil khusus kepada FAI Unismuh Palu.
v  Ya Allah, yang maha Esa, mudahkan lisan kami untuk selalu melantunkan do’a kepadamu-Mu, mudahkan hati kami untuk senantiasa bersih dari penyakit hati, mudahkan jasad kami untuk melakukan perintah dan titah-Mu, mudahkan kaki kami dalam melangkah ke tempat-tempat yang Engkau ridhoi, mudahkan tangan kami untuk memberi kaum yang membutuhkan, mudahkan langkah kami mencari Rizki-Mu yang halal, sehingga darah dan daging kami terhindar dari segala murka-Mu.
v  Allahumma Ya Allah, ya maha pengampun, begitu banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi di negeri ini, jika sekiranya bencana itu merupakan cobaan darimu ya Allah, maka berikanlah kami kekuatan dan kesabaran menghadapinya, jika sekiranya bencana itu merupakan adzab dari_Mu, maka angkatlah adzab tersebut.
رَبَّنَالاَتُؤَخِذْنَا اِنْ نَسِيْنَا اَوْ اَخْطَأْنَا
v  Ya Allah, janganlah engkau bebankan kepada kami beban yang berat, yang tak sanggup kami memikulnya. Jangan pula hukum kami jika kami khilaf atau kami salah. Maafkanlah kami, ampunilah kami, rahmatilah kami, engkau penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang dholim.

v  Ya Allah, yang maha mengasihi. Kasihanilah kepada kedua orang tua kami, pemimpin-pemimpin kami, Guru-guru kami, para Dosen Kami, orang-orang muslim yang telah mendahulukan kami, orang-orang yang berjasa terhadap Bangsa dan Negara ini, tak terlupakan kepada orang yang berjasa kepada FAI Unismuh Palu.
رَبَّنَا آتِنَافِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
v  Ya Allah, ya Tuhan kami. Berikanlah kami kebaikan di dunia, kebaikan di akhirat dan jauhkanlah kami dari siksa api neraka.
Subhaana Robbika Robbil ‘izzati ‘amma yasifun. wasalamun ‘alal mursalin, wal-hamdulillahi robbil ‘alamin.

Wassalamu ‘Alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar